Minggu, 30 Juni 2013

Penilaian Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan



Penilaian atau evaluasi dalam pembelajaran penting dilakukan untuk mengetahui hasil dari suatu proses pembelajaran tersebut. proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagian mana yang belum dan apa sebabnya. Penilaian atau evaluasi dalam cakupan yang lebih luas yaitu:
Proses evaluasi bukan sekedar mengukur sejauh mana tujuan tercapai, tetapi digunakan untuk membuat keputusan. Dengan demikian, penilaian pada dasarnya merupakan proses pengambilan keputusan secara kualitatif tentang nilai dari sesuatu: baik, sedang, kurang, buruk dan lain­lain.
Tujuan dari penilaian atau evaluasi proses dan hasil dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
1) Membelajarkan kembali (re­edukasi). Menilai itu bukan memvonis siswa dengan harga mati, lulus atau gagal, melainkan untuk mencari informasi tentang pengalaman belajar serta didik dan informasi tersebut digunakan sebagai balikan (feed back) untuk membelajarkan mereka kembali.
2) Merefleksi pengalaman belajar. Dalam hal ini, penilaian dijadikan media untuk merefleksikan (bercemin) pada pengalamanan yang telah siswa miliki dan kegiatan yang telah mereka selesaikan. Reflkesi pengalaman belajar merupakan satu cara untuk belajar, menghindari kesalahan di masa yang akan datang dan untuk menetapkan kinerja. Di samping itu, penilaian juga dapat dijadikan sarana untuk merefleksi kinerja guru.
3) Memantau kemajuan atau mendiagnosis kemampuan belajar siswa, sehingga memungkinkan dilakukan pengayaan remediasi untuk memenuhi kebutuhan siswa sesuai dengan kemajuan dan kemampuannya.
Dengan demikian, penilaian atau evaluasi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sangat bermanfaat bagi guru maupun siswa, untuk mengetahui serta memantau sejauh mana proses dan hasil kinerja guru dalam mengajar serta hasil belajar siswa.
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas mengemukakan bahwa: Penilaian dalam mata pelajaran Kewarganegaraan diarahkan untuk mengukur pancapaian indikator hasil belajar. Penilaian dapat menggunakan model penilaian berdasarkan perbuatan (performance based assessment)
atau juga dikenal dengan penilaian otentik (authentic assessment).


Evaluasi merupakan serangkaian kegiatan penilaian secara keseluruhan program mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai dengan pengawasan. Dengan demikian yang dimaksud dengan penilaian hasil belajar adalah proses penentuan nilai terhadap hasil belajar yang ingin dicapai siswa.
Evaluasi dalam pembelajaran PKn merupakan bagian yang terpadu dari proses belajar mengajar dan bukan suatu bagian tersendiri serta bukan kegiatan akhir dari suatu pendidikan.
Evaluasi PKn secara garis besar terdiri atas teknik tes dan non tes atau melalui prosedur formal dan informal. Dalam prosedur formal atau penggunaan tes objektif dan essay. Yang umum digunakan dalam tes objektif antara lain meliputi:
1) Pilihan ganda.
2) Menjodohkan.
3) Melengkapi essay.
4) Benar salah.
5) Mengenai/bereaksi terhadap situasi kritis dan problematik.
Sedangkan yang tergolong teknik non tes atau prosedural informal yaitu:
1) Teknik observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara teliti dan seksama serta pencatatan secara tematis.
2) Daftar cocok merupakan suatu daftar pertanyaan dimana responden tinggal memberikan tanda cek list (1) pada tempat yang telah disediakan.
3) Skala penilaian (Rating Scale) merupakan suatu teknik untuk menggambarkan suatu nilai yang dimanifestasikan dalam bentuk angka terhadap hasil pertimbangan.
4) Kuesioner adalah daftar pertanyaan atau butir­butir yang meminta kepada responden untuk memberi tanda atau cek (1) dengan cara tertentu.
5) Wawancara, teknik ini berguna untuk menilai kemajuan siswa dalam pengembangan nilai moral.

1 komentar:

  1. JackpotCity Casino Resort Near Reno | Travel Deals
    Visit the casino resort for expert Vegas-style casino gaming 인천광역 출장마사지 and entertainment. It is 영주 출장마사지 also home to a full-service 군산 출장안마 spa, a 경산 출장마사지 full-service 구리 출장안마

    BalasHapus